Gejala Lupus dan Penyebab Penyakit Lupus

loading...
Mengenal gejala lupus dan penyebab penyakit lupus. Apa itu lupus? Penyakit lupus adalah peradangan kronis yang terjadi ketika sistem imun tubuh menyerang organ dan jaringan tubuh. Peradangan yang disebabkan oleh lupus dapat berefek pada berbagai sistem di dalam tubuh, antara lain sendi, kulit, ginjal, sel darah, jantung dan paru-paru.

Lupus lebih sering terjadi pada wanita, meskipun tidak jelas alasannya. Ada empat jenis lupus -systemic lupus erythematosus, discoid lupus erythematosus, drug-induced lupus erythematosus dan neonatal lupus. Diantaranya, systemic lupus erythematosus adalah yang paling umum dan paling serius.

Penyakit Lupus
Diagnosis dan perawatan terhadap lupus dapat memberikan perbaikan. Bagi banyak dari mereka dengan lupus, perawatan membantu mereka dapat hidup lebih aktif.

Ciri dan Gejala Penyakit Lupus


Dua kasus lupus tidak sepenuhnya serupa. Tanda dan gejela yang terjadi dapat datang dengan tiba-tiba atau berkembang secara perlahan, dapat ringan atau parah, dan dapat bersifat sementara atau permanen. Banyak dari mereka dengan lupus memiliki karakteristik episodik dengan tanda dan gejala yang memburuk untuk sementara waktu kemudian membaik atau bahkan hilang untuk satu waktu.

Tanda dan gejala lupus yang anda alami didasarkan pada sistem tubuh bagian mana yang terkena efek penyakit ini. Tapi secara umum, tanda dan gejala lupus antara lain:
  • Lelah
  • Demam
  • Hilang berat badan atau berat badan meningkat
  • Ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah yang menutupi pipi dan hidung
  • Luka pada kulit yang timbul atau parah ketika terkena sinar matahari
  • Radang pada mulut
  • Rambut rontok
  • Jari dan kuku yang memutih atau membiru ketika terkena dingin atau saat stress (Raynaud’s phenomenon)
  • Napas pendek
  • Nyeri pada dada
  • Mata kering
  • Mudah memar
  • Gelisah
  • Depresi
  • Hilang ingatan

Penyebab Penyakit Lupus


Lupus adalah penyakit autoimun yang muncul ketika tubuh terkena zat asing tertentu, seperti bakteri dan virus, kemudian sistem imun tersebut juga menyerang jaringan tubuh yang sehat. Hal ini menyebabkan peradangan dan kerusakan berbagai bagian tubuh, antara lain sendi, kulit, ginjal, jantung, paru-paru, pembuluh darah dan otak.

Dokter tidak mengetahui apa yang menyebabkan penyakit ini. Lupus seperti merupakan kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Banyak dari mereka dengan kecenderungan turunan mengalami lupus hanyak ketika mereka terkena sesuatu di dalam lingkungan yang dapat memicu lupus, seperti obat atau virus.

Jenis-Jenis Penyakit Lupus


  1. Systemic lupus erythematosus
    Lupus ini pada awalnya dapat berefek pada bagian tubuh manapun. Sistem di dalam tubuh yang secara umum terkena adalah sendi, kulit, paru-paru, ginjal dan darah. Ketika pada umumnya orang berbicara mengenai lupus, lupus tersebut biasanya adalah systemic lupus erythematosus.
  2. Discoid lupus erythematosus
    Lupus ini berefek hanya pada kulit. Mereka dengan lupus discoid mengalami ruam pada wajah, leher dan kulit kepala. Sejumlah kecil mereka dengan discoid lupus juga dapat mengalami systemic lupus erythematosus, meskipun tidak mungkin untuk memprediksi siapa saja yang akan mengalami bentuk lupus yang lebih serius.
  3. Drug-induced lupus erythematosus
    Lupus ini terjadi setelah anda menggunakan obat tertentu. Tidak semua orang yang menggunakan obat tersebut mengalami lupus. Lupus jenis ini berefek pada berbagai sistem di dalam tubuh. Tanda dan gejala biasanya hilang ketika anda berhenti menggunakan obat yang menyebabkan lupus jenis ini terjadi.
  4. Neonatal lupus
    Merupakan bentuk langka dari lupus yang berefek pada bayi yang baru lahir. Ibu degan antibody tertentu yang memiliki hubungan terhadap penyakit autoimun dapat menurunkannya pada bayi mereka –bahkan jika sang ibu tidak memiliki tanda maupun gejala penyakit autoimun tersebut. Neonatal lupus dapat hilang sebelum menunjukkan perkembangannya. Dalam kasus yang lebih serius dapat menyebabkan masalah pada sistem elektrik jantung (congenital heart block).

Faktor risiko penyakit lupus


Meskipun para doker tidak mengetahui apa yang menyebabkan lupus pada banyak kasus, mereka telah mengidentifikasi faktor apa saja yang meningkatkan risiko penyakit ini, antara lain:
  1. Jenis kelamin
    Lupus lebih umum pada wanita.
  2. Usia
    Meskipun lupus dapat berefek pada segala usia, termasuk bayi, anak dan orang dewasa, tetapi lupus paling umum terdiagnosis pada mereka yang berusia antara 15 sampai 40 tahun.
  3. Ras
    Lupus umumnya terdapat pada ras Afrika, Hispanics dan Asia.
  4. Sinar matahari
    Terkena sinar matahari dapat membawa pada lupus kulit atau memicu respon internal pada mereka yang rentan.
  5. Obat tertentu
    Obat tertentu yang digunakan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan drug-induced lupus. Banyak obat yang secara potensial dapat memicu lupus, sebagai contoh antara lain adalah antipsychotic chlorpromazine; obat tekanan darah tinggi, seperti hydralazine; obat tuberculosis isonoazid dan obat jantung procainamide. Biasanya membutuhkan jangka waktu penggunaan dalam beberapa bulan sebelum gejala timbul.
  6. Terinfeksi virus Epstein-Barr
    Merupakan virus yang biasanya tertidur di dalam sel dari sistem imun anda meskipun tidak jelas alasan mengapa dan apa yang membuat virus tersebut aktif kembali.
  7. Terkena zat kimia
    Beberapa studi menunjukkan bahwa mereka yang bekerja dan rentan terekspos merkuri dan silica memiliki peningkatan risiko lupus. Merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami lupus.

Nah, itulah saudara-saudara sekalian penjelasan mengenai gejala lupus dan penyebab penyakit lupus. Semoga bisa bermanfaat buat anda, setidaknya menambah pengetahuan.

42 comments:

  1. info lupus dapat dilihat juga di www.seputarlupus.blogspot.com

    BalasHapus
  2. TRIMA KASIH INFONYA.. SANGAT MEMBANTU.. ^_^

    BalasHapus
  3. lupus itu penyakit paling jahat yang udah ngambil mama aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turut berduka cita atas meninggal mamanya. saya jg barusan dapat kabar bahwa adik sahabatku meninggal akibat lupus, maka saya cari info ttg penyakit lupus.

      Hapus
    2. Lupus. .penyakit yg mrenggut org yg tulus mnyayangi aq!aq mnyesal tlah mnyianyiakannya dan tdk mbuatnya bhgia dsisa umurnya dan celakanya aq bru tw klo dy dah mninggal 3bln yg llu!aq mnjauhimu karna aq pngen km bhgia dan agar km gk sllu cemburu gak jelas mee. .maafin aq gk bz ngejaga n bhgiain km. .RIP MEIDIANA LESTARI

      Hapus
    3. Penyakit INI jg yg udah merenggut nyawa istri temanku kemaren.. ga nyangka Penyakit INI seberbahaya INI sampe menyebabkan kematian ya..

      Hapus
  4. terima kasih,saya lagi cari cari informasi tentang penyakit lupus nih :)

    BalasHapus
  5. sungguh sangat berbahaya dan mengakibatkan kematian

    BalasHapus
  6. turut prihatin karena penyakit ini menderita temen kerja kami...., tapi kenapa Penyakit ini RASIS ya..???
    Ras
    Lupus umumnya terdapat pada ras Afrika, Hispanics dan Asia.

    BalasHapus
  7. Infonya membantu skali gan

    Yg lg butuh bahan referat SLE mampir jg boleh :
    LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK http://gubukreferat.blogspot.com/2014/12/lupus-eritematosus-sistemik.html

    BalasHapus
  8. Terima kasih, sahabat saya sekarang terkena penyakit ini :(

    BalasHapus
  9. Bagi tmn" yg pny lupus tetap smangat yah !
    Smangat hidup yg plg penting !

    BalasHapus
  10. aq serching apa itu penyakit lupus dan parkinson, soalnya minum glutera sembuh.... pin 7e7181f9 fb Siti fatimahSyafiq GLutera

    BalasHapus
  11. SOLUSI PENYAKIT AUTOIMUN adalah menyeimbangkan imun yang berlebih dan mendidik sistem imun untuk dapat mengenali sel tubuh sendiri, shg tidak menyerang tubuh sendiri. Terapi sistem imun ini efektif memakai TRANSFER FACTOR, molekul pendididk sistem imun yang aman, tepat dan efektif, tanpa efek samping dan terbukti medis. info lebih lanjut : 081904299008 / pin bb 2695EDF4 & 52963027
    www.solusiautoimun.blogspot.com
    www.facebook.com/autoimun

    BalasHapus
  12. infonya sangat bermanfaat, apalagi bagi mereka yang sedang mendengalami gejala-gejala yang mirip dengan gejala penyakit lupus ini. penyakit lupus bisa disembuhkan dengan jelly gamat

    BalasHapus
  13. Kira2 bisa bertahan berapa lama orang yg terkena lupus,soalnya hari ini kakak saya di vonis kena lupus sama dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman kuliah sy terdeteksi nya awal Ramadhan, hri ini 18 ramadhan sudah meninggal. Ibu sy terkena lupus 1 thn Bru meninggal, penyakit ini tiba2 menyerang.

      Hapus
  14. apa obatnya yg ampuh soalnya saya kena sakit lupus

    BalasHapus
  15. terimakasih banyak buat pengetahuannya, sangat bermanfaat...

    http://emangobattradisional.blogspot.com/

    BalasHapus
  16. Wah dapat ilmu baru lagi nih, terima kasih atas artikel yang dishare ini ya semoga bermanfaat.. Keep writing on yeah .

    BalasHapus
  17. sungguh sangat prihatin, semoga kita semua terhindar dari LUPUS, saran, sebaiknya jika kita merasakan sakit lebih dari 2-3 hari segera ke dokter agar lebih dini diketahui penyebabnya, untuk semua gejala. ini saya rasakan, saya ada masalah di ginjal, sdh 4 kali operasi batu ginjal, Alhmadulillah krn pertolongan Allah SWT dan usaha krn perintah Allah SWT saya sampai hr ini sehat. kebanyakan ke dokter dalam keadaan terlambat........semoga bermanfaat info ini.

    BalasHapus
  18. adik saya terkena penyakit ini..sudah tidak sadarkan diri..saya mohon dukungan doa dari kawan2 semua.Salam.

    BalasHapus
  19. penyakit yg udh merenggut cita2 ade ku.setelah ultah ke 17 nya.sampai skrg sy ttp mencari info penyakit ini,ingin tau knp adeq bs trkena penyakit ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke Professor Zubairi Djoerban. Dia buka praktek tiap Senin dan Kamis di RS Kramat di Jl Kramat gan

      Hapus
  20. Memang sngt berbahya penyakit Lupus ini..
    Kakak Sepupuku meninggal Krna pnyakit ini :'(

    BalasHapus
  21. 6bulan yang lalu adalah kenyataan yang begitu teramat pedih . dimana sebulan menuju pernikahan , calon istri saya menghembuskan nafas terkahir nya karena menderita penyakit lupus ini . sampai sekarang saya masih sangat terpukul

    BalasHapus
  22. Seminggu yg lalu saya divonis terkena penyakit ini (lupus)

    BalasHapus
  23. 2hari yang lalu tante saya masik ICU, dan kemarin beliau telah wafat. Kata dokter tante saya kena lupus. Mohon doanya agar dilapangkan alam kubur nya dan keluarga diberi ketabahan.

    BalasHapus
  24. Apakah penykit lpus dpat mnular?


    BalasHapus
  25. Adikku baru saja meninggal dengan penyakit lupus ini. Adik saya hanya bisa bertahan beberapa minggu. Semoga kita terhidar dari penyakit ini. Amiin

    BalasHapus
  26. teman kecilku terkena lulus bertahan cukup lama karna ia punya semangat untuk sembuh dan pada akhirnya pas hari raya idul adha 2015 ia meninggal

    BalasHapus
  27. sy mimi dr mlaysia , sy jugak penghidap lupus.. dh 5 tahun . bg sesiapa pesakit lupus yg inginln tips mcm mn sy brtahan bole add fb sy dn pm sy @amy mimi

    BalasHapus
  28. apa ada obat yang bener bener bisa nyembuhin penyakit ini ? udh ku coba minum ini itu g ada kemajuan. Jika ada rekomendasi ttg pengobatan alternative mohon infonya .. trims ^^

    BalasHapus
  29. Guru smp saya meninggal jgak terkena lupus sendi,,,berobat smpai ke penang,,,tapi tuhan berkata lain,,,,

    BalasHapus
  30. Ya ALLah bebaskan Istriku dari lupus mengapa ini terjadi pd istriku bagaimna solusinya ya Allah

    BalasHapus
  31. allhamdulihah ternyata saya sembuh dari pnyakit lupus ini.. baru tau saya ruam kaya sayap kupu" pada muka saya dulu itu kukira cuma iritasi. allhamdulilah sembuh sendiri

    BalasHapus
  32. saya tidak tau ternyata saya dulu mengidap lupus. allhamdulillah sembuh dengan sendirinya.

    BalasHapus
  33. Diwajah putriku uisa 12thn ada tepatnya dikedua tulang pipi tepat dibawah matanya ada nampak warna kulit yg lebih gelap dri kulit disekitarnya, apakah ini bisa jdi tanda lupus? Mohon infonya. Trima kasih

    BalasHapus
  34. Berbahaya sekali ya, penyakit lupus ini. Jadi serem deh. Thanks ya atas infonya....

    BalasHapus
  35. apakah penyakit ini menular?

    BalasHapus

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan pemilik blog. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pemilik blog berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.