Gejala Stroke, Penyebab dan Cara Pencegahan

loading...
Mengenal penyakit stroke, mulai dari gejala, penyebab dan cara pencegahan. Apa itu stroke? Stroke adalah serangan otak yang timbulnya mendadak akibat tersumbat atau pecahnya pembuluh darah otak. Dengan kata lain penyakit stroke ini merupakan penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) hal ini disebabkan karenakan adanya penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang dan menimbulkan serangkaian reaksi biokimia yang akan merusakkan atau mematikan sel-sel saraf otak.

Gejala Stroke
Jumlah penderita stroke di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Pada akhir tahun 2012 lalu, sebuah lembaga mencatat telah terjadi sekitar 500.000 kasus penderita stroke dengan angka 12.500 orang meninggal akibat penyakit tersebut. Sementara sisanya mengalami cacat, baik ringan maupun berat. Karena itu pengobatan awal serta pencegahan menjadi perang penting dalam memerangi stroke.

Penyebab Penyakit Stroke


Ada dua faktor yang merupakan penyebab stroke yaitu resiko medis dan resiko perilaku

1. Faktor risiko medis
Faktor resiko medis yang menyebabkan atau memperparah stroke antara lain hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi), kolesterol, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke dalam keluarga (faktor keturnan) dan migren (sakit kepelah sebelah). Menurut data statistik 80% pemicu stroke adalah hipertensi dan arteriosklerosis.

2. Faktor risiko perilaku
Faktor resiko perilaku disebakan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, menkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol gemar mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food dan junk food). Faktor resiko perilaku lainnya adalah kurangnya aktifitas gerak / olah raga dan obesitas. Salah satu pemicunya juga adalah susasana hati yang tidak nyaman seperti sering marah tanpa alasan yang jelas.

Gejala Serangan Stroke


Pada tingkat awal, masyarakat, keluarga dan setiap orang harus memperoleh informasi yang jelas dan meyakinkan bahwa stroke adalah serangan otak yang secara sederhana mempunyai lima tanda-tanda utama yang harus dimengerti dan sangat difahami. Hal ini penting agar semua orang mempunyai kewaspadaan yang tinggi terhadap bahaya serangan stroke.

Tanda-tanda utama serangan stroke :
  • Rasa bebal atau mati mendadak atau kehilangan rasa dan lemas pada muka, tangan atau kaki, terutama pada satu bagian tubuh saja
  • Rasa bingung yang mendadak, sulit bicara atau sulit mengerti
  • Satu mata atau kedua matamendadak kabur
  • Mendadak sukar berjalan, terhuyung dan kehilangan keseimbangan
  • Mendadak merasa pusing dan sakit kepala tanpa diketahui sebab musababnya

Selain itu harus dijelaskan pula kemungkinan munculnya tanda-tanda ikutan lain yang bisa timbul dan atau harus diwaspadai, yaitu;
  • Rasa mual, panas dan sangat sering muntah-muntah
  • Rasa pingsan mendadak, atau merasa hilang kesadaran secara mendadak

Cara Mencegah Penyakit Stroke


Adapun, untuk menghindari stroke seseorang bisa melakukan tindakan pencegahan termasuk membiasakan diri menjalani gaya hidup sehat. Berikut adalah 10 langkah yang dapat Anda lakukan guna menghindarkan diri dari serangan stroke.

1. Hindari dan hentikan kebiasaan merokok
Kebiasaan ini dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan membuat darah Anda menjadi mudah menggumpal.

2. Periksakan tensi darah secara rutin
Tekanan darah yang tinggi bisa membuat pembuluh darah Anda mengalami tekanan ekstra. Walaupun tidak menunjukkan gejala, ceklah tensi darah secara teratur.

3. Kendalikan penyakit jantung
Kalau Anda memiliki gejala atau gangguan jantung seperti detak yang tidak teratur atau kadar kolesterol tinggi, berhati-hatilah karena hal itu akan meningkatkan risiko terjadinya stroke. Mintalah saran dokter untuk langkah terbaik.

4. Atasi dan kendalikan stres dan depresi
Stres dan depresi dapat menggangu bahkan menimbulkan korban fisik. Jika tidak teratasi, dua hal ini pun dapat menimbulkan problem jangka panjang.

5. Makanlah dengan sehat
Anda mungkin sudah mendengarnya ribuan kali, namun penting artinya bila Anda disiplin memakan sedikitnya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Hindari makan daging merah terlalu banyak karena lemak jenuhnya bisa membuat pembuluh darah mengeras. Konsumsi makanan berserat dapat mengendalikan lemak dalam darah.

Dengan mengenali tentang gejala dan penyebab serta resiko stroke, diharapkan kita semua lebih waspada dan hati-hati dengan selalu menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.

6. Kurangi garam
Karena garam akan mengikatkan tekanan darah.

7. Pantau berat badan Anda
Memiliki badan gemuk atau obes akan meningkatkan risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, dan semuanya dapat memicu terjadinya stroke.

8. Berolahraga dan aktif
Melakukan aktivitas fisik secara teratur membantu Anda menurunkan tensi darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah.

9. Kurangi alkohol
Meminum alkohol dapat menaikkan tensi darah, oleh karena itu menguranginya berarti menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi.

10. Mencari Informasi
Dengan mengikuti perkembangan informasi tentang kesehatan, banyak hal penting yang diperoleh guna menghindari kemungkinan atau menekan risiko stroke. Berhati-hatilah, beragam hormon termasuk pil dan terapi penggantian hormon HRT diduga dapat membuat darah menjadi kental dan cendrung mudah menggumpal

37 comments:

  1. teman-teman yang mempunyai pengalaman sama, mari berbagai untuk saling melengkapi, tulis pengalaman anda di kolom komentar di bawah ini . . .

    pasien stroke : bapak saya, usia 73, ini serangan stroke ke-3, telah dirawat di rumah sakit 3 kali, sekarang dirawat di rumah, lumpuh total, bicarapun tidak jelas, kelu atau pelo

    dukungan keluarga sangat penting untuk memompa semangat pasien cepat pulih. jangan percaya 100% pada perawat, dia menemani pasien atas dasar uang, sedang anggota keluarga atas dasar hati :-)

    pagi-pagi jam 04:30, bapak saya pandu sholat shubuh, dengan tayamun dan sholat dua rekaat dengan berbaring.

    jam 05:00, diberi fisioterapi, awalnya mengamati ahli fisioterapi di rumah sakit saat menerapi bapak, selanjutnya saya tiru dan praktekkan pada bapak. filosofinya melakukan pelenturan pada persendian agar otot-otot tidak kaku, tiap arah gerak sendi 5 kali. kesuksesan fisioterapi bisa dilihat bila pasien jadi ngantuk dan tidur, berarti terapi pas dan nyaman

    jam 05:30, mandi pagi, karena lumpuh, mandi dengan usap lap basah / sibin coro jowone :-), seminggu sekali mandi dengan siram air hangat. bila pasien merasa nyaman, maka selama diusap akan tertidur . . . emang pasien stroke banyak tidurnyaaa :-)

    06:00, makan pagi, karena susah mengunyah dan syaraf menelan juga terganggu diserang stroke, semua makanan digiling atau diblender halus.

    06:30, lanjut minum obat, obat pil / tablet digerus halus, suapkan dalam larutan madu encer, untuk mengurangi rasa pahit atau getas obat

    07:00, ajak jalan-jalan, gunakan kursi roda, dan berjemur sinar matahari pagi. jangan diisolasi, bila perlu di pinggir lalu-lalang orang banyak, agar otaknya teraktifasi lebih banyak.

    08:30, rebahan dan ajak sholat sunnah dhuha.

    09:30, beri minum jus buah, dan kuota air 2 liter per hari harus habis, agar fungsi organ tubuh terjaga.

    10:00, diberi fisioterapi agar otot dan sendi tetap lentur, jangan lupa bagian leher, rahang dan pipi juga diterapi, bagian ini sering terlewati

    11:00, segelas air putih

    12:00, sholat dhuhur lanjut makan siang, lanjut minum obat,

    13:00, istirahat siang, perdengarkan suara-suara kesukaannya, misal musik klasik, langgam jawa, atau murottal. dekatkan dengan hobby masa muda, misal kicau burung. kabari teman-teman masa mudanya, agar datang dan berbagi cerita gembira

    15:00, sholat ashar, lanjut fisioterapi. jangan lupa jadwal konsultasi dokter, agar dievaluasi perkembangannya.

    16:00, mandi sore, lanjut makan dan obat malam

    17:30, maghrib, lantunkan bacaan surat-surat pendek dan terjemahannya dari suaramu sendiri, jangan dari rekaman mp3 :-)

    19:00, isya’ dan istirahat malam, bila tidurnya gelisah, variasikan dengan miring ke kanan, ke kiri, atau duduk beberapa menit, lalu rabahan lagi, agar punggungnya tidak panas dan lecet

    udah selesai :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, uraiannya sangat jelas dan besar manfaatnya bagi orang lain. Terima kasih.

      Hapus
    2. katanya penyakit stroke nggak boleh di infus......benarkah ini ?????

      Hapus
    3. Luar biasa.Bapak saya juga stroke.Terimakasih uraiannya.Tulisan anda sangat menginspirasi.

      Hapus
    4. Pencegahan juga bisa dengan melakukan olahraga ringan setiap harinya. itu akan mengurangi risiko terkena penyakit stroke , Terimakasih ulasannya sangat membantu.

      Hapus
    5. Assalamualaikum mas... saya punya mertua stroke uda seminggu. Ud pindah 2 rumah sakit. Cuma bawaannya tidur mulu..dan susah dibanngunin. Kemudian msh dgn bantuan infus.. juga ditemukan bahwa lambungnya pendarahan..bisa tidak info di atas saya terapkan 100% buat ayah kami? Termasuk pemberian jus

      Hapus
  2. Subhanallah anda termasuk anak yg sholeh berbakti dan syg pd org tua, bgt disiplinnya anda menterapi bpk anda dg ikhlas....krn sy jg pya pengalaman bpk sy alm. jg stroke disitulah kesabaran kt benar2 diuji....

    BalasHapus
  3. wah sangat sangat menginfirasi banget, walaupun kelihatannya sangat cape, itulah bakti kita pada orang tua, rupanya anda adalah salahsatu dari orang yang sangat berbakti, tulisan anda ini bisa membuat saya sangat begitu mengghargai orang tua saya, terima kasih informasinya yang telah anda bagikan, ini sangat berharga sekali khusunya buat saya pribadi, sekali lagi terimakasih banyak

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum....
    Maaf mau tanya bapak saya saat ini di vonis stroke dan pembengkakan pada jantung kira apa yg harus saya dan keluarga lakukan ? Saat ini sedang dalam perawatan R.S

    BalasHapus
  5. Penyakit stroke melanda banyak orang, semakin membuat prihatin. kontrolselalu makanan anda

    BalasHapus
  6. stroke anda sudah menahun ? sudah stroke berat ? atau anda yang baru terkena serangan stroke ? pengobatan Kami tidak mengandalkan hanya satu metode saja dalam melakukan terapi penyembuhan karena tidak setiap orang cocok dengan metode tersebut dan tiap penyakit pun bisa karena medis, non medis atau gabungan keduanya.

    Bagi anda yang terkena stroke silahkan datang ketempat kami alamat di Gedung Pelatihan Inti Energi Jl.Mahoni raya Rt.06/11 No.4 Depok Timur, telepon : ( 021 ) 9763 8753 / 085 777 269 266

    sebarkan informasi ini kepada saudara anda yang mengalami nya
    web site http://pelatihanintienergi.com

    BalasHapus
  7. Dapat set strok shaklee sebagai langkah ikhtiar mengatasi penyakit stroke. Untuk golongan berisiko kena stroke, bisa diamalkan sebagai pencegahan. Whatsapp / telegram 60174666007

    BalasHapus
  8. artikelnya bagus dan terimaksih atas informasinya sangat bermanfaat bagi kami, dan saya mau menawrakan tanaman obat untuk menyembuhkan penyakit stroke, dan bila anda minat bisa kunjungi link kami http://kebunbibit.id/stroke/

    BalasHapus
  9. Salam sejahtera buat kita semua.
    sy kebetulan buka terapi di cilegon namanya adalah SERASTONE tepatnya di depan sucofindo jl.ahmad yani no.135 blok f no.telp 0254 398511/081317795877. Sudah banyak yg mengalami kesembuhan stroke di sebabkan karena diabetes,kolesterol dan darah tinggi. Kebetulan sy berbagi kasih dan terapi ini GRATIS tidak di punggut biaya datang dan buktikan.

    BalasHapus
  10. Assalam,,Artikel yang sangat bagus dan lengkap dengan informasi. Bapa kepada kawan saya pernah terkena stroke, tetapi Alhamdulillah sudah sembuh dengan mengamalkan Vivix Shaklee. http://umikhalsumbtsaad.blogspot.com/

    BalasHapus
  11. apakah lebih baik mengunakan obat penyakit stroke berbahan kimia atau yang alami? terimakasih

    BalasHapus
  12. Suplemen Daya Tahan Tubuh Untuk Anak
    http://goo.gl/5KT3Qc
    salam pagi blogger, izin simak post nya sob, semoga bermanfaat. SUKSES !!

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum...anda ada masalah penyakit strok...mai whatsapp saya 0176607841. Saya ada cara penyesaiannya selamat berkesan dan mudah.

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum...anda ada masalah penyakit strok...mai whatsapp saya 0176607841. Saya ada cara penyelesaiannya cepat selamat dan berkesan.

    BalasHapus
  15. hari ini ayah saya masuk RS karena stroke, terimakasih atas infonya, mohon doanya untuk kesembuhan ayah saya terimakasih :'(

    BalasHapus
  16. terimakasih banyak untuk artikel ini, informasi yang bermanfaat.

    http://obattraditional.com/obat-tradisional-penyakit-tipes/

    BalasHapus
  17. stroke mmg bahaya..moga kita semua sihat2 sahaja.

    BalasHapus
  18. Stroke penyakit yang gejalanya sangat sulit diketahui, cegahlah sedini mungkin dengan herbal2 pilihan seperti bawang dayak, daun afrika, daun dewa dan daun sambung nyawa. Info lengkap hubungi kami di chasiapro@gmail.com

    BalasHapus
  19. sy minum omegacor buat menurunkan kolesterol beli di apotik guardian dalam 2 minggu sudah turun normal

    BalasHapus
  20. obat mujarab untuk strook... insyaallah bertobat dari korupsi dan mengembalikan semua uang hasil korupsinya...

    BalasHapus
  21. Artikel yang sangat menarik.. like!!!

    Stroke dapat menyerang siapa saja. mencegah kemungkinan terjadinya penyakit ini akan jauh lebih baik bagi kita semua.

    Meskipun beberapa kasus bisa disembuhkan, namun kesembuhannya masih meninggalkan beberapa kondisi fisik yang tidak normal.

    Terapi Untuk Pemulihan Stroke

    BalasHapus
  22. badan saya lemas kepala belakang saya benjol bergaris kepala atas saya benjol juga.saya sudah gak kuat menahanya.apakah saya akan stroke

    BalasHapus
  23. Halo , mau share pengalaman saya tadi , apakah ini benar gejala stroke? Siang ini saya tidurr siang dan pas bangun berdiri untuk membuka pintu kamar tiba-tiba saya merasa kaki saya tidak terasa ,dan mata jadi buram dan akhirnya jatuh , untuk beberapa saat saya tidak merasakan apa-apa dan mulai kesemutan ,padahal setiap kesemutan tidak pernah sampai jatuh lemas , saya baca beberapa artikel dan ternyata itu merupakan gejala stroke ringan.umur saya baru 22 tahun , ada yang memiliki pengalaman yang sama? Apa saya harus pergi ke dokter?

    BalasHapus
  24. Assalam , masalah strok ini sekiranya tidak dipandang berat ,pasti akan mendatangkan masalah dalam hidup kita.Masalah strok bukanlah seusatu yang boleh dipandang ringan ya kawan kawan .Sebenarnya ada Cara Untuk Mengatasi Masalah Strok Daripada Membelenggu Diri Anda.
    Anda mesti sayangkan diri anda kan ??Jom lah sama sama kita berubah untuk kehidupan yang lebih baik .Sekiranya anda ada apa apa kemusykilan atau pertanyaan berkenaan masalah kesihatan anda , jangan tangguh tangguh lagi untuk hubungi saya (Whatsapp +60107096284 Aini)

    BalasHapus
  25. Share untuk obat diabetes...

    kalau sudah positif diabet, konsumsi daun yakon untuk normalkan gula darah, lalu konsumsi rutin habbatussauda coba saja 12-24 bulan, insya Allah bisa permanen sembuh sambil banyak istighfar & amal shaleh diperbanyak...
    sambil dijaga pola makan & istirahatnya... kebanyakan orang ketika mendengar ada obat ampuh langsung bergantung sama obat & tawakkal sama obat, bukan sama Allah, sambil makan semaunya, tanpa memperhatikan pola diet...
    Ini adalah kekeliruan...

    http://berkhasiat.web.id/1496-jual-daun-insulin-yakon

    Habbatussauda juga bagus untuk stroke...

    BalasHapus
  26. Subhanallah anda ternyata sholeh.. klo ane jg gitu tp bacaannya surat ayat kursi.. kakek ane kena stroke. . Tp klo manggil "kakong" krna saya org jawa.. trus saudara ane bilang gini "kong lk samean nyusul uti gpp kong aku ikhlas" kn uti ku/nenek ku udh meninggal. . Padahal sebelum stroke itu kena pusing biasa gara2 makan roti rasa duren. . Ternyata tiba2 di suruh minum obat gk mau suruhsuruhan gk mau.. akhirnya malah parah pusing nya (itu masih keadaan di rumah) pas pulang sekolah kakong tiba2 jatuh.. trus di tolong ama saudara saudara ane.. termasuk ane jg ikut bntuin angkat ke kasur. . Trus ia mau je kamar mandi jatuh lg. . Ke kasur trus ane angkat di bantu ama bapak saya. . Selanjutnya bapak saya nelpon dokter.. gara2 tiba tiba tangan dan kaki tangan gk bisa di gerakkan. . Trus dokter nya gk datang gara2 hujan deras.. akhirnya datang besok trus di bawa ke rumah sakit gara-gara stroke ringan..dibawa ke rumah sakit amelia (pare) pd hari selasa trus pd hari jumat kt dokter "udh ini bisa pulang bsok hari senin " trus Aku juga bilang "alhaalhamdulillah ya allah.. kakong pulang" saking bahagianya cucu cucu. . kakong juga ikut senyum. . Tiba2 pas hari minggu. . Mendadak sesak napas. . Ane panggilin pesawatnya. .. katanya terkena TBC kn dulunya pernah ngerokok. . Sehari dpt 3 pak rokok surya. . mMasa allah. . Jd senin gk jd pulang ke rumah. . Trus pas hari senin.. itu ad teman temannya datang untuk memberi semangat. . Tiba2 pas hari selasa. . Itu dibacakan ayat kursi sama albaqoroh yg baca kakak ane.. klo ane dalam hati. . Tiba2 batuk2 parah.. keluar darahnya. . Dan tiba-tiba di hidung keluar cairan. . Mata melotot tiba2 kero. .kata dokter pas di cek pembuluh nadi nya udh gk bekerja. . Kata dokter "pak mulyono udh meninggal dunia " saya kaget innalilahi wainnailaihi rajiun. .. sy smpe nangis2

    BalasHapus
  27. setrok terjadi akibat pembekuan darah ,bila rutin di terapi listrik maka darah akan lebih sehat ,jika berminat hubungi bbm saya 598403d2

    BalasHapus
  28. Infonya bermanfaat, kebetulan saya lg googling cari artikel tentang stroke Karena ayah saya baru saja divonis terkena gejala stroke tp Alhamdulillah berkat doa keluarga dan usaha para medis dan tentunya atas ijin Allah ,ayah saya bisa sedikit sehat... semoga Orang tua kita selalu sehat amiiin

    BalasHapus
  29. peranan keluarga adalah sangat penting dalam pendampingan keperawatan.

    BalasHapus
  30. alahamdulillah.
    terimakasih penjelasanya gan.
    semoga kita terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, salah satunya stroke..

    wahyu | sakinah aqiqah

    BalasHapus
  31. Hati hati. penyandang sakit hipertensi. setahun yang lalu . saya terkena stroke. ringan ada penyumbatan di saraf otak kanan. pemicu nya refleksi kaki.dengan kayu.jadi syaraf tepi kaki saya di tekan dengan kayu .sa. terapisnya. mungkin sakit hati atau kesinggung karena ucapan saya .setelah satu harinya saya di nyatakan stroke karena penyumbatan.dan rawat 2 minggu.

    BalasHapus

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan pemilik blog. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pemilik blog berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.